Follow me @ndarikhaa

Sunday, March 26, 2017

Pesan untuk Pram

Almost children in the world said that parents is nothing, but everything.

Father is daughter’s first love, and mother is boy’s first love.


 Dear my lovely little bro...

Honestly I wonder how could I to tell you?

Where I could start to say?

But deeply in my heart : i’m speechless. 

Udahan lah nge-english nya, makin ketauan nanti grammar gw kacau.

Jadi, kalau sudah ngomongin ortu, gw bakal jadi orang  yang paling baper my lovely little bro,,,

Pasti gw yang paling pertama nangis walaupun baru sebut kata “ortu”. Setiap ada motivator dan muhasabah yang ujungnya itu-itu aja dan udah ketebak tentang ortu, tetep gw nangis paling pilu. Padahal gw anak yang masih durhaka banget menurut gw. Gw belum bisa seujung kuku pun bikin mereka bangga, bikin mereka bahagia, dan yang paling ngenes adalah indikator kebahagian emak-bapak gw itu absurd ((sangat absurd)).

Mereka adalah orang tua paling ajaib sedunia, orang tua yang gak pernah sekalipun nuntut ke anak-anaknya, tapi selalu dituntut ini itu sama anak-anaknya. Mereka orang tua yang gak pernah minta ini itu, tapi anaknya selalu pingin ini itu melulu dari mereka. Mereka orang tua yang selalu sederhana demi masa depan anaknya, tapi anak-anaknya apa kepikiran nanti masa depan orang tuanya kayak apa? Mereka orang tua yang selalu berjuang tanpa letih untuk anak-anaknya, tapi apa iya kami anak-anaknya sudah full berjuang untuk mereka?  Ahsudahlah, kompleks bukan my lovely little bro?

Jadi, kalo kamu udah tau apa yang akan membuat ortumu bahagia, itu adalah kunci terindah buat dilakukan, betapa beruntungnya kamu my lovely little bro.  Jangan pernah berpikir dua kali untuk mewujudkannya, Just do it! Then they will smile sincerely.

Karena sejak kecil, semua guru sekolah dan guru ngaji gw selalu bilang kalau ridho orang tua itu adalah ridho Allah. Ucapan baik dan doa merekalah yang paling dekat dengan Allah. Meskipun orang tua gw sendiri gak pernah sombong dan bilang ke kami anak-anaknya kalau merekalah yang harus paling disegani. Yang gw lihat mereka tulus-tulus aja ngebesarkan anaknya, tanpa pamrih, dan sekali lagi tanpa pernah menuntut. Makinlah gw percaya dengan semua wejangan dan nasihat para guru tersebut.

Dari semua itu, gw belajar my lovely little bro. Gw belajar sebisa mungkin menjaga kepercayaan mereka, belajar ngikutin aturan dan rules di keluarga, gw berusaha belajar dengan tekun di sekolah karena gw bukan anak cerdas bawaan, gw berusaha dengan rajin mencari nilai-nilai akherat karena hal tersebut ga bisa dateng gitu aja tanpa pencarian. Dan, kalo gw gak salah inget satu-satunya prestasi selama gw hidup seperempat abad ini adalah : “berusaha sebisa mungkin gak membuat mereka kecewa.” Thats’ it. Ga ada lagi selain itu, haha #mirisnya hidup gw ya my lovely little bro?


But, we are growing up
Kini kita sudah besar lho my lovely little bro...

Entah untuk dikatakan dewasa apakah sudah layak atau belum? Tapi kalau kamu udah bisa bedain mana cewek cantik, dan mana cewek yang bisa bikin kamu deg-deg an, artinya sudah baligh lah ya?

Di kehidupan dewasa inilah, ada satu fase besar yang akan dan HARUS kamu lalui my lovely little bro... Kamu tau kan? Yup, itu. Pernikahan. Berkeluarga. Menjadi seorang pemimpin.

Seluruh orang tua di dunia, bahkan hingga mereka di akhirat sekalipun mereka akan tersenyum melihat anaknya mengucap janji suci. Janji yang disaksikan ribuan malaikat, perjanjian antara kau dengan-Nya dalam ikatan suci nan halal. Percayalah itu. Mereka akan BAHAGIA my lovely little bro. Trust it! Mereka melihat dan mereka bahagia, jangan pikirkan bisikan syetan yang mengusik. Kebahagiaan mereka adalah melihatmu bahagia. Kebahagianmu adalah membuat mereka bahagia. Sejauh apapun dimensi jarak-ruang-waktumu dan orang tuamu, kau dapat merasakan kebahagiaan itu.

Dilematis memang, rasa sayangmu dengan orang tua mu masih besar, sulit untuk berpisah, tapi juga ini sunnah Rasulmu, yang insya Allah menggenapkan setengah dien-mu.

Karena apa?
Karena mereka telah berhasil membentukmu my  lovely little bro. Berhasil melihat hasil didikannya menjadikan kamu seperti sekarang. Didikan yang dulu kau benci, namun sekarang kau bisa lihat hasil baiknya sekarang bukan my  lovely little bro? Berhasil membuatmu menjadi sosok karakter nahkoda ulung untuk mengarungi kehidupan mu sendiri. Ya, hidupmu dan keluargamu. Mereka yang telah kau yakini dengan pembuktianmu.

Pesanku cuma satu : tak usah kamu tunggu, tak usah kamu galaukan, cukup doakan dalam diam di sepertiga malamNya selalu dan dalam setiap sujud mu di lima waktu, dan bila kau telah menemukannya : PERJUANGKAN dya.

Karena kau pria, karena kau calon pemimpin keluarga, sesungguhnya wanita dengan typikal menunggu dalam doa itu bukan mitos. Pertahankan dya, jangan pernah kau “lepas”, baik dalam usaha maupun doa. Selebihnya jalani hidup masa mudamu dengan positve dan perbanyak bekalmu menjadi pemimpin. Dan ingat, jangan ditunda jika kau telah menemukannya my  lovely little bro. Remember that!

Jangan pernah kau gores hatinya, karena sifat kekal hanya milik Allah, sedangkan hati manusia, apalagi wanita, hanya benda ciptaanNya yang pasti akan membekas bila telah kau gores, apalagi hingga kau hunuskan paku yang menancap dalam.
 
4 Modal Utama
Siapkan bekal terbaikmu untuk menjadi pempimpin. Yang gw dapat sewaktu gw ikut kelas pengembangan diri, dari seluruh sikap baik yang bisa dikembangkan, ada 4 urutan sikap utama yang paling utama harus kamu miliki dan asah my  lovely little bro. Sikap itu adalah Jujur, Visioner, Menginspirasi, Kompeten. Sang pemateri bilang inilah yang paling terbaik dalam buku kepemimpinan dibelahan dunia manapun.

Jujur. Pastinya ini nilai utama bukan? Jujur dengan diri sendiri ataupun orang lain, dan pastinya Allah, akan membuatmu menjadi manusia paling disegani, begitu juga untuk anak-isterimu kelak. Selalu pegang teguh nilai ini untuk kebaikanmu selalu my  lovely little bro.

Visioner. Milikilah mimpi, bukan angan-angan. Mimpi adalah sejenis visi dan target yang dapat kau capai dalam kurun waktu yang telah kau tetapkan, meskipun semuanya dapat berjalan sesuai dengan yang Maha Menetapkan. Kau harus punya! Harus kau miliki, ini membantumu sebagai kompasmu dalam menjadi nahkoda nanti. Gw yakin kamu udah punya my  lovely little bro, hanya saja mungkin belum kamu tentukan dengan pasti. So, pastikan dari sekarang my  lovely little bro. Mumpung masih muda, dan tidak ada kata terlambat selama kau terus perbarui harimu. Semangat kamu pasti bisa my  lovely little bro.

Menginspirasi. Dalam hal? Apapun itu my  lovely little bro. Dalam segala hal mulai kau membuka hari dalam sunyi pagi, hingga kau pejamkan mata untuk letihmu. Gw rasa dengan memberikan contoh tauladan yang baik akan lebih menginspirasi orang di sekitar mu, anak isterimu nanti daripada kau bercuap-cuap tanpa kau berikan tauladan yang baik my  lovely little bro.
Kompeten. Yang gw tau my  lovely little bro, cukup dalami ilmu yang kau suka dan pahami. Pemahaman yang mendalam dan kekhususan dalam ilmu mu, itu lebih baik daripada separuh pemahaman. Dengan kau memiliki kompeten, kau akan lebih dihargai, tentunya jika ditambah wawasanmu yang luas.


Dear my  lovely little bro...
Gw tulis ini semua yang pernah gw tau, dengar, dan rasakan dari beberapa pengalaman gw dan orang-orang bijak dan hebat disekitar gw. Gw harap my  lovely little bro bisa pertimbangkan, bisa paham, minimal sedikit open mind dengan tulisan gw ini.

Gw gak memaksa my  lovely little bro terima atau tidak dengan ini, tapi yang pasti ini beberapa rangkuman terbaik yang pernah gw dapat my  lovely little bro.

Oh ya my  lovely little bro...

Kamu tau gak kenapa aku kasih judul ini?

Karena gw suka banget sama lagu “Pesan untuk Pram” yang dinyanyikan oleh Bonita and the Hus Band. Lagu ini diciptakan untuk Pram, sang Anak. Pure banget pesan mendalam dari orang tua yang benar-benar mengasihi dan mencintai anaknya.
kau lukis indah, hidupmu yang sedang kaujalani
ku bahagia

kau pilih langkah dan cara, kau beri bunga
kau bahagia, ku berdoa

ingat hari lalu, hidup hari ini, cipta masa nanti
pasti ‘kan bahagia

esok bukanlah milikku, hanya harapan
kau bahagia, ku berdoa

semoga kau bahagia, pasti ‘kan bahagia
semoga kau bahagia, pasti ‘kan bahagia
semoga Pram bahagia

Ditulis untukmu dear my lovely little bro...
Sebuah refleksi untuk kita

1 comment:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Mohon maaf bilah aku ada salah kata dan kedatangan aku mengganggu. Perkenalkan nama aku Nenot'z Marziny asal sidoarjo seorang mantan TKW duluh kerja di singapore selama 3 tahun lamanya. Singkat cerita.. Aku sangat berterima kasih kpd pak H.Abdul Salam atas bantuan beliau melalui penarikan uang gaib sebesar 1M. Mungkin aku tidak akan bisa cepat sesukses ini seandainya tidak ada bantuan dari H.Abdul Salam, Aku yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan aku juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang aku sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Aku tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna aku telpon dari google, facebook untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang aku tambah banyak. Beliau bisa membantu melalui Uang Gaib, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi H.Abdul Salam di nomer 085298892338 / +6285298892338 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari pak haji dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti aku. Demi allah demi tuhan ini kisah nyata aku. Sekian dan terima kasih semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada semuaNya..

    Salam dari aku Nenot'z Marziny

    ReplyDelete