Follow me @ndarikhaa

Saturday, September 3, 2016

Pelatihan Jabatan Fungsional Sanitarian di Ciloto


Mengikuti pelatihan, selama saya bekerja bukanlah suatu hal yang baru. Pelatihan yang saya ikuti Alhamdulillah selalu bermanfaat, menambah ilmu baru, dan kawan baru dari berbagai penjuru dan asal. Pada kesempatan kali ini saya ditugaskan untuk pelatihan jabatan fungsional sanitarian ahli selama 2 minggu full di BBPK Ciloto sejak tanggal 29 Agustus 2016. Lumayan lah refreshing udara, refreshing otak, buat menghirup udara murni pegunungan.

Isunya kedepan para aparat sipil mengarah pada jabatan khusus tertentu. Di tempat kerja saya yang notabene berkutat di dunia kesehatan lingkungan, sanitarian merupakan jabatan fungsional yang paling dominan.

Sebenernya apasih sanitarian itu? Sanitarian adalah profesi yang bertugas untuk melakukan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi, dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat. Ternyata dari sedikit info yang saya dapat sanitarian merupakan satu dari 3 kekhususan ahli kesehatan lingkungan (*ahli kesehatan lingkungan terdiri dari sanitarian, epidemiolog, dan entomolog). Nah untuk sanitarian berijazah S1 Kesehatan Masyarakat, langsung masuk dalam katagori Sanitarian Ahli, sedangkan yang berlulusan D3 dikatagorikan sanitarian terampil.

Nah, kita lihat ya, setelah pelatihan ini, seberapa besar peran dari pengetauan dan pemahaman yang saya dapatkan terkait sanitarian? We’ll see.. n_n

No comments:

Post a Comment